Ratusan Buruh Meriahkan Perayaan Mayday 2019

Diupload oleh admin pada tanggal 2019-07-04, dilihat 9 kali

Ratusan Buruh Meriahkan Perayaan Mayday 2019

Dalam rangka memperingati hari buruh internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei, Dinas Tenaga Kerja Kab. Pati yang bertempat di UPTD Balai Latihan Kerja Kab. Pati mengadakan senam masal dan jalan santai. Dalam kegiatan ini turut hadir Bupati dan Wakilnya, Forkompimda Kabupaten Pati, Sekretaris Daerah Kab. Pati, Kepala OPD se-Kab Pati Perwakilan KSPSI, dan APINDO. 

Dalam sambutannya, Bupati Pati mengucapkan selamat hari buruh internasional dan mengharapkan agar para buruh semakin sejahtera sesuai dengan tema yang diambil "Together We Grow". Ada hal yang menarik dalam sambutan Bupati Pati, bahwasanya beliau justru kurang "sreg" dengan sebutan buruh, beliau lebih suka apabilan kata buruh diganti menjadi karyawan. 

Oleh sebab itu, Bupati menghimbau kepada seluruh pekerja untuk bisa merawat atau lebih utamanya mampu menahan emosi, agar tidak mudah terpancing yang akhirnya menimbulkan kerusuhan seperti unjuk rasa di jalan. Pihaknya selaku kepala daerah juga mengungkapkan telah menepati janjinya terkait kenaikan upah minimum bagi pekerja.

"Janji saya di 2018 sudah saya penuhi, dimana UMK di Kabupaten Pati meningkat walaupun tidak begitu tinggi tidak rendah namun standar. Kenapa tidak tinggi sekali, sebab akan berdampak nantinya. Seperti contoh, untuk saat ini perusahaan- perusahaan mencari daerah yang UMK rendah untuk berinvestasi. Sehingga bisa menambah lapangan kerja baru di Pati ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kab. Pati selaku penanggung jawab acara menyampaikan, "Adapun tujuan, kegiatan ini diharap dapat mempererat hubungan sosial antara pekerja dengan perusahaan dan pemerintah, agar dapat harmonis, aman, dinamis," ujarnya. Untuk kegiatan ini sendiri Tri Haryama  mengungkapkan, kegiatan ini dapat terselenggara dengan pembiayaan dari APBD tahun 2019 dan juga partisipasi dari pengusaha yang dihimpun Pemkab Pati.

    Agenda