Program Mobile Training Unit di UPTD Balai Latihan Kerja Kab. Pati Tahun Anggaran 2019

Diupload oleh admin pada tanggal 2019-04-27, dilihat 317 kali

Program Mobile Training Unit di UPTD Balai Latihan Kerja Kab. Pati Tahun Anggaran 2019

Sebagai salah satu upaya pemerintah Kabupaten Pati dalam meningkatkan ketrampilan masyarakat dan pengurangan pengangguran, Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja Kab. Pati kembali melaksanakan pelatihan Mobile Training Unit. Pelaksanaan pelatihan MTU ini ada di 12 (dua belas) desa di Kab. Pati. Kedua belas desa tersebut adalah Desa Plangitan, Desa Kudur, Desa Kalimulyo, Desa Bancak, Desa Ngagel, Desa Gadu, Desa Jetak, Desa Pasuruhan, Desa Kedalingan, Desa Pagerharjo, Desa Sugihan, dan Desa Lengkong.

Pelatihan ini merupakan upaya jemput bola yang dilakukan oleh BLK, dalam meningkatkan ketrampilan masyarakat. Progam MTU ini ditujukan kepada masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan di BLK, namun memiliki terkendala dengan jarak tempat tinggal yang terlalu jauh. Untuk mengatasi hal ini, BLK akhirnya membuat progam MTU dengan bergerilya ke pelosok-pelosok Kab. Pati.

Kepala UPTD Balai Latihan Kerja Kab. Pati, Budi Suhartono, A.Md menjelaskan pelatihan ini merupakan hasil tindak lanjut yang tertuang dalam Rencana Kerja Dinas Tenaga Kab. Pati Tahun Anggaran 2019 yang merupakan hasil Musrenbang Kabupaten Pati yang dilaksanakan pada Tahun 2018.

Selain cara pada yang tersebut di atas, Kepala UPTD BLK menjelaskan jika ada masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan ini, mulanya harus membuat sebuah kelompok yang terdiri dari 16 orang dan memilih salah satu kejuruan dari pelatihan yang disediakan di BLK. Selanjutnya, kelompok tersebut harus membuat proposal pengajuan pelatihan yang dilengkapi dengan data diri seluruh anggota yang berupa KTP dan KK untuk selanjutnya diserahkan kepada pemerintah desa untuk ditindaklanjuti dan diteruskan ke BLK Kab. Pati. pihak BLK nantinya akan melakukan verivikasi terhadap proposal yang masuk. 

“Untuk pelaksanaan pelatihan dilakukan selama 30 hari per kejuruan. Di akhir pelatihan, nantinya peserta akan mendapatkan sertifikat pelatihan, bantuan alat dan transport dari BLK,” kata Bapak Budi Suhartono. 

Dengan adanya Mobile Training Unit ini, diharapkan dapat menumbuhkan wirausaha baru di Kab. Pati. Selain itu, Bapak Budi Suhartono berharap dengan adanya pelatihan semacam ini, dapat income tambahan bagi peserta pelatihan.

    Agenda