PERINGATAN HARI BURUH DI KABUPATEN PATI BERLANGSUNG MERIAH DAN KONDUSIV

Diupload oleh admin pada tanggal 2024-05-06, dilihat 16 kali

PERINGATAN HARI BURUH DI KABUPATEN PATI BERLANGSUNG MERIAH DAN KONDUSIV

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pati  mengajak 300 Orang terdiri dari Unsur Ketua Konfederasi/ Federasi/PUK Serikat Pekerja/Serikat Buruh, Unsur Pengusaha, Unsur Pemerintah untuk bersama-sama merayakan Peringatan Hari Buruh Internatasional (May Day) 2024 dengan Tema Kerja Bersama Wujudkan Pekerja / Buruh yang Kompeten dan Tag Line May Day Is “Terampil” Day  dengan Tujuan:

  1. Meningkatkan Hubungan Industrial yang harmonis, dinamis dan kekeluargaan antara Pengusaha, Pekerja dan Pemerintah
  2. Meningkatkan Kebersamaan dan Pertumbuhan Produktifitas Tenaga Kerja
  3. Meningkatkan Kompetensi dan Daya Saing dikalangan Pekerja
  4. Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Tanggal 1 Mei 2024 Jam 07.00 WIB yang akan di selenggarakan di Halaman Kantor Dinas Tenaga Kerja Kab. Pati dengan acara Senam Bersama, Donor Darah dan Sarasehan dengan tertib, aman, dan harmonis dalam suasana kekeluargaan.

Terciptanya kondisi hubungan industrial dinamis, kondusif dan harmonis, diyakini akan berdampak positif dalam peningkatan penciptaan lapangan pekerjaan, serta peningkatan terhadap iklim Investasi di Kabupaten Pati

“May Day menjadi momentum kebersamaan bagi pekerja, pengusaha, dan pemerintah untuk berdialog dan mencari jalan terbaik menuju hubungan industrial yang harmonis, dinamis, dan berkeadilan bagi kesejahteraan pekerja/buruh,” kata Bambang Agus Yunianto, SH.MM. selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pati

Indonesia telah menetapkan 1 Mei sebagai hari libur nasional melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013. Pemerintah juga mendorong peringatan Hari Buruh (May Day) Tahun 2024 yang mengambil tema “Kerja Bersama Wujudkan Pekerja / Buruh yang Kompeten dan Tag Line May Day Is “Terampil” Day” dijadikan sebagai momen memperbaiki iklim ketenagakerjaan di Kabupaten Pati. Iklim ketenagakerjaan yang harmonis dan kondusif dapat mendorong peningkatan produktivitas kerja serta kesejahteraan pekerja.

Peringatan May Day juga harus dijadikan sebagai momentum bersama, baik serikat pekerja/serikat buruh, pengusaha, dan pemerintah untuk mewujudkan ekosistem ketenagakerjaan yang fleksibel. Saat ini iklim ketenagakerjaan di Indonesia terus membaik dan bergerak ke arah yang harmonis dan kondusif. Hal tersebut dapat dilihat dari indikator angka perselisihan hubungan industrial yang relatif turun dari tahun ke tahun, serta peningkatan kesejahteraan pekerja melalui fasilitasi perumahan pekerja dan jaminan sosial ketenagakerjaan.