Kegiatan Monitoring Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri di Desa Sukolilo

Diupload oleh admin pada tanggal 2023-02-24, dilihat 329 kali

Kegiatan Monitoring Pelatihan Tenaga Kerja Mandiri di Desa Sukolilo

Pada Hari Senin tanggal 20 Februari 2023, Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pati beserta staf subbidang Program dan Keuangan melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan Tenaga Kerja Mandiri di Desa Sukolilo, Kec. Sukolilo. 

Kegiatan ini diikuti oleh masayarakat Desa Sukolilo yang rata - rata sudah mempunyai embrio usaha makanan kecil. Kegiatan TKM ini dilaksanakan mulai dari tanggal 15 Februari sampai dengan 22 Februari 2023 ini merupakan kegiatan pelatihan dengan kejuruan Tata Boga. Pada hari pertama, mereka diajarkan teori tentang manajemen keuangan dan manajemen pemasaran. Selanjutnya untuk hari kedua sampai dengan kelima mereka diajarkan membuat menu-menu makanan yang lebih variatif dan kekinian. Dikarenakan Desa asal mereka penghasil jagung dan tape, maka mereka diajarkan untuk membuat bahan makanan yang berbahan dasar jagung dan juga tape. Diantaranya adalah, cake tape, jagung schotel, puding jangung, risoles jagung dan lain sebagainya. Selain mendapat wawasan dan ilmu baru mereka nantinya juga akan mendapatkan bantuan alat yang dapat digunakan untuk lebih mengembangkan usaha mereka. Selain itu di hari terakhir mereka juga mendapatkan ilmu mengenai cara foto produk supaya terlihat lebih menarik. 

Setiap program yang berjalan membutuhkan monitoring dan pada akhirnya harus dievaluasi. Karena monitoring dan evaluasi (MONEV) merupakan bagian dari sebuah siklus program. Keduanya memberikan kesempatan untuk membuktikan dampak dari kebijakan atau program yang dijalankan. Kegiatan monev merupakan instrumen untuk memastikan bahwa kegiatan tetap berjalan sesuai jalur yang semestinya.

Monitoring merupakan suatu kegiatan mengamati secara seksama suatu keadaan atau kondisi, termasuk juga perilaku atau kegiatan tertentu, dengan tujuan agar semua data masukan atau informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan tersebut dapat menjadi landasan dalam mengambil keputusan tindakan selanjutnya yang diperlukan. Tindakan tersebut diperlukan seandainya hasil pengamatan menunjukkan adanya hal atau kondisi yang tidak sesuai dengan yang direncanakan semula. Tujuan Monitoring untuk mengamati/ mengetahui  perkembangan dan kemajuan, identifikasi dan permasalahan serta antisipasinya/upaya pemecahannya.