Kegiatan Tenaga Kerja Mandiri

Diupload oleh admin pada tanggal 2022-09-14, dilihat 208 kali

Kegiatan  Tenaga Kerja Mandiri

Tenaga Kerja Mandiri (TKM) adalah kegiatan upaya mengurangi angka pengangguran, penciptaan usaha atau mendorong lapangan kerja baru. Tenaga Kerja Mandiri merupakan Pelayanan Antar Kerja program Penempatan Tenaga Kerja yang dilakukan kepada masyarakat.  Program ini meliputi sosialisasi kegiatan, pembekalan kepada peserta, praktek, pemberian bantuan sarana usaha dan pendampingan usaha.

Salah Satu kegiatan Tenaga Kerja Mandiri Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Pati tahun 2022 adalah Pengolahan ikan Bandeng di Desa Mangunlegi, Kecamatan Batangan, Kabupaten Pati yang diikuti oleh 16 peserta. Kegiatan Tenaga Kerja Mandiri di desa Mangunlegi mengolah ikan bandeng menjadi bandeng presto, otak-otak, nugget, bakso, rolade dan bandeng cabut duri.

Produk Peserta Tenaga Kerja Mandiri desa Mangunlegi diikutsertakan oleh Dinas Tenaga Kerja Pati dalam pameran Pragolo Pati Festival 2022 pada bulan Agustus lalu. Tidak hanya olahan bangdeng presto, otak-otak dan nugget, peserta juga mulai berkreasi dengan mengolah ikan bandeng menjadi krupuk, sambel bandeng, stik duri bandeng, pepes presto dan sempolan. Keberlangsungan kegiatan Tenaga Kerja Mandiri ini diharapkan mampu menciptakan wirausaha baru dan memperluas kesempatan kerja.